Hanya Informasi

Khasiat Seledri Untuk Pengobatan

Posted on: Maret 13, 2009

seledriSeledri, kita sangat mengenal tanaman ini sebagai tanaman penambah aroma/rasa pada masakan atau sayuran namun selain itu seledri juga dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Diantaranya, hipertensi, rematik, sakit panas dan berbagai macam penyakit lainnya. Tumbuhan yang memiliki nama latin atau ilmiah “Celery Apium Grafeolens, Linn” ini secara medis memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat penting untuk konsumsi sehari-hari.

Tanaman seledri ini baru diakui sebagai tumbuhan berkhasiat obat secara ilmiah pada tahun 1942. Tanaman ini diyakini mengandung vitamin A, C dan B1. Selain itu, seledri juga mengandung banyak mineral seperti sodium, klorin, potasium (kalium), magnesium, asparagine apigenin, kholin, saponin, minyak asiri, senyawa sedatif (phathalide) dan serat. Herba ini bisa dijadikan obat alternatif untuk berbagai jenis penyakit.

Tingginya kadar sodium dalam seledri sangat berguna untuk menjaga vitalitas tubuh. Masyarakat pedesaan memanfaatkan seledri untuk menyembuhkan sakit panas pada anak-anak dengan cara menumbuk dan membalurkannya. Sementara hasil perasan daun seledri dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Seledri juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, diabetes, epilepsi, migran, buang air kecil yang mengandung darah, mencegah stroke, memperbaiki fungsi hormon, serta membersihkan darah. Juga jus seledri dari seledri berdaun besar bisa meningkatkan kecerdasan, mengatasi herpes, dan gondok.

apium_graveolensSeledri dibagi menjadi tiga bagian yaitu seledri daun, seledri potongan (tangkai) dan seledri berumbi. Tangkai yang berdaging dan berair dapat dimakan mentah sebagai lalapan, sedangkan daunya bisa digunakan sebagai penyedap sup. Seledri yang tumbuh di daerah tropis memiliki ukuran batang yang kurang besar sehingga seluruh bagian tanaman digunakan sebagai sayur.

Yang perlu diketaui, setiap 100 gram seledri memiliki kandungan:

  1. Kalori sebanyak 20 Kkal
  2. Protein 1 gram
  3. Lemak 0,1 gram
  4. Hidrat Arang 4,6 gram
  5. Kalsium 50 mili gram
  6. Fosfor 40 mili gram
  7. Besi 1 mili gram
  8. Vitamin A 130 SI, Vitamin B1 0,03 mg dan Vitamin C 11 mg.

Daun seledri banyak mengandung Apiin dan substansi diureti yang bermanfaat menambah jumlah air kencing. Akar seledri berkhasiat memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing (diuretik). Sedangkan buah dan bijinya sebagai pereda kejang (antipasmodik), menurunkan kadar asam urat darah, antirematik, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), afrodisak dan penenang (seditif).

Dalam kecantikan, secara medis seledri memiliki khasiat yang tinggi untuk kecantikan. Seledri juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki rambut indah. Herba seledri menyumbangkan konstribusi yang besar untuk dunia kecantikan. Seledri efektif merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut, terutama rambut anak kecil dari baru lahir hingga usia beberapa tahun. Selain itu, seledri juga baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya kerutan pada wajah, melarutkan lemak dan menurunkan berat badan, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, menjaga kelenturan dan kekencangan kulit dan menghilangkan bau mulut.

About these ads

11 Tanggapan to "Khasiat Seledri Untuk Pengobatan"

Informasinya bagus.

Thanks.

alhamdulillah…seledri memberikan khasiat terhadap migren suami saya. Beliau sering mengalami migren yang hebat. hampir setiap hari saya buatkan beliau jus seledri..alhamdulillah migren beliau berkurang.

Terima kasih atas infonya

Saya dengar seledri kurang bagus dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah. Apa benar begitu ?

info yg saya dapat, hanya dibedakan di cara konsumsinya, kalau penderita darah tinggi konsumsinya dg cara di jus, sedangkan penderita darah rendah langsung di lalap saja

klo saya buat cem2an rambut, mayan loh, yg dulunya rontok gak kira2, skrg mulai berkurang n rambut baru pada tumbuh.. senengnya hehe..
— visit http://m.rujakasik.com

thanks atas infonya.. aku mo nyoba pke seledri wat ngilangin rambut rontok aku.

cara buat ngelurusin rambutnya dong….?????
teng ki yuu

alhmdulillah….skrang q mulai rutin membuat jus sledri…bnar2 khasiatny luar biasa …..trimaksih y infonya……

seltri dapat jg menetralkan penyakit diabetes ya….?
cara pengelolahannya bagaimana…………?

sya sudah mulai komsusi jus sledri, hasilnya cukup efektif yang tadinya
sakit di kepala dan leher sekarang tidak lagi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Visiter

Counter Powered by  RedCounter
 

Blog Stats

  • 64,259 hits

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya.

Directori

TopOfBlogs Literature Blogs KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Directory of General Blogs Literature Blogs - Blog Top Sites

Top Clicks

  • Tidak ada

Traffic Feed

Twitter Terbaru

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: