Hanya Informasi

Awas kehilangan Vitamin D dan Kalsium berakibat Osteoporosis

Posted on: Januari 30, 2009

lansia2Para lansia (lanjut usia) sangat rentan terjatuh. Namun berdasarkan hasil studi terbaru konsumsi suplemen vitam D dan kalsium secara teratur dapat mengurangi resiko terjatuh, khususnya pada wanita karena pada pria tidak terjadi penurunan yang bertarti walau mereka mengkonsumsi vitamin D & Kalsium.

Wanita lansia yang masih bisa  berjalan memiliki kekuatan otot yang lebih rendah dan memiliki resiko mudah terjatuh dibandingkan pria lansia yang masih bisa berjalan. Dengan pemberian vitamin D dan kalsium para wanita dapat mengurangi resiko jatuh.

bone-fractureKalsium dan vitamin D adalah dua zat utama yang dapat memperkuat otot dan tulang. Kekurangan dua Zat itu dapat mengakibatkan tulang mudah rapuh. Karena itu, selain mencukupi kebutuhan kalsium, yang perlu diketahui juga adalah kemungkinan kehilangan kalsium di dalam tubuh karena sesuatu hal.

Hal apa saja yang dapat menghilangkan kalsium?

  1. Kekurangan vitamin D. Seperti diketahui, vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dalam usus. Karena itu, harus dipastikan bahwa tubuh kita tidak kekurangan asupan vitamin D.
  2. Sodium. Pola makan yang tinggi sodium meningkatkan kehilangan kalsium dan mineral lain. Sebuah penelitian menyatakan bahwa setiap kelebihan dua gram asupan sodium akan menurunkan penyerapan kalsium sekitar 30-40 mg.
  3. Pengobatan. Sejumlah pengobatan untuk asma, jantung dan rematik diketahui dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Untuk itu, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan obat-obatan yang dapat mengganggu penyerapan kalsium.
  4. Gaya hidup yang tidak baik. Meroko dan minum-minuman beralkohol sangat merugikan dalam kaitannya dengan osteoporosis. Penelitian menunjukan bahwa merokok mempercepat kehilangan tulang dan andil atas berkurangnya kemampuan penyerapan kalsium. Sementara itu, minum-minuman beralkohol dapat merusak massa tulang sehingga meningkatkan resiko patah tulang.
  5. Konsumsi soda dan kafein yang berlebihan juga dapat menggangu penyerapan kalsium.
  6. Gaya hidup yang tidak aktif. Mereka yang kurang atau tidak pernah berolahraga, terutama aktivitas fisik yang mendukung berat badan, dan kekurangan asupan kalsium beresiko kehilangan kalsium dari tulang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Visiter

Counter Powered by  RedCounter
 

Blog Stats

  • 75,170 hits

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Directori

TopOfBlogs Literature Blogs KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia Directory of General Blogs Literature Blogs - Blog Top Sites

Top Clicks

  • Tak ada

Traffic Feed

Twitter Terbaru

%d blogger menyukai ini: